Arti Nama

Pada blog pertama ini saya ingin membahas tentang arti nama dari diri saya sendiri agar pembaca lebih bisa menegenal saya lebih dalam, karena ada sebuah ungkapan “Tak kenal maka tak sayang”hahaha.

Oke kita mulai aja perjalanan tentang nama saya ini ya dengan membahas tiap bagian dari nama saya. Nama Panjang saya adalah Muhammad Dien Lesmana. Seperti yang sudah saya beri tahu ke pembaca sekalian, arti nama saya yang dibahas pertama kali adalah arti nama Muhammad.

Nama “Muhammad” yang terletak di bagian depan dari nama saya di ambil dari nama nabi dan rasul terakhir yang diutus oleh Allah SWT di dunia menurut kepercayaan agama saya yaitu agama Islam. Nabi muhammad merupakan penyempurna dari nabi-nabi sebelumnya yang pernah ada dan datang di dunia. Nabi Muhammad mendapatkan dua julukan dari para kaum quraisy yaitu Al-Amin yang artinya “orang yang dapat dipercaya” dan As-Saadiq yang artinya “yang benar”. Setelah masa kenabian para sahabatnya memanggilnya dengan gelar Rasul Allāh, kemudian menambahkan kalimat Shalallaahu ‘Alayhi Wasallam, yang berarti “semoga Allah memberi kebahagiaan dan keselamatan kepadanya” yang berada di akhir dari namanya. Muhammad lahir di hari Senin, 12 Rabi’ul Awal tahun 571 Masehi (lebih dikenal sebagai Tahun Gajah).

Nama tengah saya “Dien” juga diambil dari bahasa arab yaitu “ad-dien” yang berarti agama. maksud dari nama ini adalah agar saya bisa beragama dengan taat dan baik dimanapun saya berada. Agama Islam merupakan agama yang mengimani satu tuhan yaitu ALLAH SWT. Agama Islam merupakan agama terbesar kedua di dunia setelah agama Kristen. Islam mempunya arti yaitu Penyerahan, yang artinya penyerahan diri sepenuhnya kepada tuhan. Sedangkan pengikut agama Islam disebut sebagai Muslim yang artinya seseorang yang tunduk kepada tuhan. Islam mengajarkan bahwa Allah menurunkan firman-Nya kepada manusia melalui para nabi dan rasul utusan-Nya, dan meyakini dengan sungguh-sungguh bahwa Muhammad adalah nabi dan rasul terakhir yang diutus ke dunia oleh Allah.

Nah sampai nih ke bagian nama yang terakhir yaitu “Lesmana”. Nama Lesmana sebeenernya tuh dipake sama banyak orang di Indonesia, tetapi bukan sebuah marga seperti Hutabarat, Lubis, dan lain-lain melainkan nama biasa seperti Budi, Anto, dan lain-lain, karena saya sejauh ini belum pernah bertemu dengan saudara saya yang mempunyai nama belakang sama dengan saya. Nama Lesmana yang ada di akhir dari nama saya diambil dari nama musisi Indonesia “Indra Lesmana”. jadi ceritanya saat saya di keluarkan dari perut ibu saya, televisi di rumah sakit tempat saya dilahirkan sedang menayangkan acara musik nasional dan yang sedang bermain adalah om Indra Lesmana. Secara spontan ibu saya berbicara kepada ayah saya, “pah nanti kalau anak ini yang lahir, nama belakangnya kita tambahin Lesmana ya biar hebat main musiknya kayak Indra Lesmana” akhirnya nama belakang saya ditambahkan dengan nama Lesmana.

Begitulah kira-kira arti dari nama saya. Mungkin ada yang tidak berkenan di hati pembaca, saya mohoon maaf sebesar-besarnya.

About dienlesmana

i'm a n undergraduated student from the School of Business and Management Institute Technology of Bandung.

Posted on March 14, 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. wah namanya islami banget kaya orangnya..amiiiiinn..

Leave a Reply

